Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Rumah Sakit Hewan Terbesar di Asia akan Dibangun di Lampung

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan berencana membangun rumah sakit (RS) hewan terbesar di Asia pada tahun 2011, di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur.

“ TNWK akan kita jadikan taman nasional terbesar di Asia Tenggara, dan kita bekerja sama dengan Australia,” kata dia, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menjelaskan, pembenahan tersebut merupakan bagian dari pelestarian hutan yang ada di Indonesia. Sementara itu, terkait dengan program "Menanam Satu Miliar Pohon", ia menjelaskan, ada beberapa skema dalam menyukseskan rehabilitasi hutan dan lahan.

"Rehabilitasi hutan dan lahan dengan melibatkan masyarakat melalui skema hutan tanaman rakyat (HTR), hutan kemasyarakatan (HKm) dan hutan desa,” ujar Menhut, di sela-sela penanaman 10 ribu pohon di Taman Hutan Kota, Bandarlampung.

Kemudian, rehabilitasi hutan dan lahan dengan melibatkan investor melalui hutan tanaman industri, rehabilitasi hutan dengan melibatkan komunitas internasional melalui restorasi ekosistem kawasan hutan, dan hutan rakyat kemitraan.

Menhut menjelaskan, dalam satu tahun direncanakan akan ditanam seluas 1,6 juta hektare dengan sejumlah jenis tanaman pohon. "Kunci pokok dalam gerakan penanaman pohon adalah bibit yang baik dan cukup,” terang dia.

Ia nuturkan, tahun 2011 akan dibangun pusat pembibitan di Lampung serta menggiatkan kembali pembibitan yang dilakukan masyarakat, ada sekitar 500 kelompok.

"Gerakan penanaman serentak merupakan gerakan moral seluruh masyarakat untuk melakukan perbaikan lingkungan dan membudidayakan menanam serta memelihara pohon menjadi kebiasaan masyarakat sehari-hari,” terangnya.

Sementara itu, dari data Kementerian Kehutanan menyebutkan, tahun 2010 dibangun 8.000 unit kebun bibit rakyat (KBR) di 8.000 desa seluruh Indonesia, setiap unit KBR akan menghasilkan 50 ribu batang bibit dengan biasa Rp. 50 juta.

Selain itu, tahun ini pun akan dibangun pembuatan persemaian modern di Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat yang akan memproduksi bibit pohon secara besar-besaran.

Pada penanaman sekitar 10 ribu pohon di Bandarlampung, juga dihadiri Menteri Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.
Kehadiran ketiga menteri tersebut karena hari ini dilakukan Musyawarah Daerah III DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung, dan ketiganya merupakan tokoh partai tersebut. (Ant)

Sumber: tvone.co.id



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

1 Komentar:

nina aysiana runny said...

PERIKANAN DAN KELAUTAN
PENYULUH PERIKANAN
KOMUNITAS PERIKANAN
SANG PEMIMPIN
PETERNAKAN
PERJALANAN HIDUP
AUTO_PENYO

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP