Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Pelihara Hewan Cegah Obesitas

Salah satu keuntungan memiliki anjing sebagai hewan peliharaan adalah karena mereka dikenal setia dengan tuannya. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan, memelihara anjing di rumah dapat mengurangi risiko obesitas pada anak-anak.

Menurut Christopher Owen, Epidemiologis dari Universitas St George's, bermain di taman dengan anjing dapat meningkatkan level aktivitas anak-anak. Berdasarkan studi terhadap 78 anak di kota utama di Inggris, anak-anak yang memelihara anjing lebih aktif daripada mereka yang tidak.

Peneliti menemukan, anak-anak dalam keluarga yang memiliki anjing lebih banyak ambil bagian dalam aktifitas fisik. Namun begitu, para peneliti belum yakin apakah keluarga yang lebih aktif cenderung memiliki seekor anjing atau dengan memelihara anjing keluarga sedentari menjadi lebih aktif.

"Ini seperti menjawab pertanyaan mana yang ada lebih dulu, ayam atau telur. Dan memerlukan studi jangka panjang untuk itu, “ kata Owen.

Aktif bermain
Tujuan dari studi ini adalah mengukur tingkat aktivitas, seperti jumlah langkah berjalan dan waktu yang dihabiskan di siang hari, dan aktivitas fisik yang kuat.

Penelitian ini menggunakan sampel lebih dari 2.000 anak berumur 9 hingga 10 tahun.

Hasilnya, peneliti menemukan banyak bukti bahwa setiap akhir pekan keluarga yang memiliki anjing mempunyai tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa anak-anak mengajak orang tua ketika berjalan-jalan bersama anjing atau bermain dengan anjing di rumah, daripada bermain di komputer atau menonton televisi.

"Kegiatan ini meningkatkan perbedaan yang signifikan pada kesehatan anak-anak jangka panjang karena mengurangi risiko obesitas atau diabetes. Dan memberikan manfaat pada kesehatan mereka," kata Owen.

Sumber: http://health.kompas.com




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP