Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Antibiotik Ganggu Keseimbangan Usus

Sebuah penelitian dari Stanford University di California, Amerika Serikat, menemukan antibiotik, bahkan yang ringan sekalipun, dapat mengganggu keseimbangan mikroba hidup di dalam usus. Rusaknya keseimbangan mikroba tersebut menimbulkan gangguan kesehatan.

Penemuan yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences itu berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang. Kepada mereka diberikan ciprofloxacin. Hasilnya menunjukkan antibiotik menekan seluruh populasi bakteri, termasuk bakteri baik.

Hasil penelitian tersebut mendukung anggapan umum selama ini bahwa antibiotik dapat merusak mikroba, baik yang hidup dalam tubuh. Padahal mikroba dalam usus membantu mencerna makanan dan kuman baik dapat menempati ruang lebih luas sehingga kuman yang buruk tidak banyak tinggal dalam usus. Penelitian itu juga mendukung gagasan bahwa manusia dan hewan memiliki hubungan simbiosis dengan kuman.

"Pengaruh ciprofloxacin sangat cepat dan kuat dalam memunahkan mikroba dalam usus," tulis anggota tim peneliti, Les Dethlefsen dan David Relman. (*/Reuters/X-8)

Sumber: mediaindnesia.com




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP