Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Situasi Terkini Flu Babi

Situasi pandemik flu babi saat ini sebagian besar masih seperti minggu kemarin. Wilayah pandemik yang paling aktif penularan influenza H1N1 adalah di bagian Barat dan Afrika Tengah dengan beberapa wilayah di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pandemi influenza H1N1 masih beraktifitas rendah di banyak daerah beriklim baik dari belahan utara dan selatan. Secara musiman jenis virus influenza B adalah virus influenza dominan, meskipun penyebarannya di Asia Timur, Utara dan Eropa Timur dengan tingkat rendah.

Virus influenza tipe B juga telah terdeteksi di Afrika Tengah dan minggu ini di Afrika Barat. Virus influenza musiman H3N2 terus dideteksi di Asia Selatan dan Asia Tenggara, serta secara sporadis di beberapa negara Barat dan Afrika Tengah, dan Eropa Timur.

Di Sub-Sahara Afrika, data dari sejumlah negara yang terbatas menunjukkan bahwa transmisi aktif virus pandemi influenza H1N1 menurun di tengah-Barat dan Afrika Barat. Ghana adalah negara yang melaporkan jumlah moderat virus pandemi (16% dari semua spesimen yang diuji klinis positif untuk influenza) tetapi jumlah kasus yang lebih kecil terus terdeteksi di Senegal, Nigeria dan Kamerun. Di Afrika Timur, kasus influenza telah kembali ke tingkat rendah. Hanya Rwanda telah mendeteksi sejumlah kecil virus pandemi dalam seminggu terakhir. Selain itu, virus influenza H3N2 musiman beberapa terlihat di Ghana. Influenza tipe B semakin terdeteksi di daerah itu, terutama di Ghana dan Kamerun.

Di Asia Timur, pandemi influenza H1N1 penyebarannya sekarang sporadis. Di Cina, Mongolia, dan Republik Korea influenza paling sering ditemukan seperti kasus penyakit yang disebabkan oleh virus influenza musiman tipe B. Di Cina dan Mongolia pendeteksian flu terus menurun dibandingkan dengan beberapa minggu terakhir sebelumnya. Republik Korea dilaporkan meningkatnya aktivitas penyakit pernapasan yang terkait dengan peningkatan mendeteksi tipe B influenza musiman pada spesimen pernafasan selama lima minggu berturut-turut. Dari catatan, sejumlah kecil wabah H1N1, H3N2 influenza musiman dan virus H1N1 terus terdeteksi secara sporadis di beberapa negara di wilayah ini.

Di Asia Tenggara, secara keseluruhan tingkat kegiatan influenza yang rendah. Meskipun virus influenza yang beredar masih influenza H1N1, terdapatb pula jenis influenza tipe B pada tingkat lebih rendah yaitu virus H3N2 di beberapa negara termasuk Singapura, Kamboja, Indonesia dan Thailand. Malaysia telah melaporkan meningkatnya aktivitas yang terkait dengan penyakit pernapasan influenza H1N1 yang dikonfirmasi laboratorium, dan dilaporkan terjadi penutupan sekolah di negara ini. Di Singapura, seperti-penyakit influenza tingkat masih di bawah ambang epidemi musiman tetapi telah meningkat dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Di Asia Selatan, Bangladesh melaporkan peningkatan aktivitas penyakit pernapasan yang terkait dengan meningkatnya jumlah influenza H1N1 dikonfirmasi laboratorium kasus sejak awal April. India melaporkan aktivitas pandemi influenza di negara bagian Maharashtra dan Karnataka baru-baru ini. Tingkat aktivitas penyakit pernafasan di kedua negara ini muncul dengan tingkat yang lebih intens sejak kasus pertama yang terjadi akhir 2009. Meskipun pandemi influenza adalah virus yang dominan beredar di daerah, influenza tipe B virus terus dideteksi di Iran dan Bangladesh.

Di zona tropis Amerika, data terbatas menyarankan bahwa kegiatan H1N1 influenza masih rendah tetapi dengan beberapa daerah lokalpenyebaran. Jamaika, Panama dan Guatemala, melaporkan kecenderungan peningkatan dalam kegiatan penyakit pernapasan.

Di Kuba semua propinsi melaporkan peningkatan jumlah kasus penyakit pernafasan akut dalam dua minggu terakhir, terutama dari kota Havana. Di Peru, jumlah kasus pneumonia pada anak di bawah usia 5 tahun meningkat sejak pukul enam minggu berturut-turut dan tetap di atas ambang epidemi. Namun, kasus dengan pneumonia apakah karena virus pandemi influenza H1N1 atau tidak belum diketahui pasti. Khususnya, virus syncitial pernafasan (RSV) telah dilaporkan tersebar di daerah tersebut.

Dalam zona beriklim sedang di belahan bumi utara, pandemi influenza H1N1 aktivitas keseluruhan tetap rendah. Di Amerika Serikat, proporsi kunjungan rawat jalan bagi-seperti penyakit influenza di bawah standar nasional. Tidak ada influenza B yang dilaporkan oleh negara-negara Amerika Utara. Di Eropa, pandemi influenza dengan intensitas sangat rendah di semua negara. Proporsi keseluruhan pengujian sampel sentinel pernafasan positif untuk influenza tetap stabil sekitar 4,5%. Untuk minggu ini, jumlah pendeteksian sentinel terhadap influenza B melebihi influenza A, terutama disebabkan oleh virus yang terdeteksi dari Eropa Timur: Tengah, Siberia, wilayah Timur Jauh Federasi Rusia dan Kazakhstan.

Di negara-negara beriklim sedang di belahan bumi selatan, penyebaran penyakit influenza tetap rendah seperti tahun-tahun sebelumnya. Australia melaporkan pendeteksian sporadis pandemi H1N1, influenza musiman B dan virus influenza H3N2 dalam jumlah rendah dalam beberapa minggu terakhir.

Global Influenza Surveilance Network (GISN) terus memantau penyebaran virus influenza secara global, termasuk pandemi, dan virus influenza musiman lainnya, yang berpotensi untuk menulari manusia termasuk flu musiman.

Sumber: who.int/ent


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

10 Komentar:

sahabat blogger said...

apakah sekarang sudah ada serum nya mas?

khatulistiwa said...

iihh..mengerikan ya

drh. Yudi said...

@ sahabat blogger: sudah ada vaksinnya mas tapi karena penyakit ini inkubasi cepat kadang2 pencegahan jadi sia-sia. tetap waspada.
@ khatulistiwa: memang mengerikan n sangat berbahaya apalagi kalau sifat zoonosisnya benar2 jadi pandemik

mas said...

Mungkin bisa di situs sy utk informasi pencegahan,pengobatan Rabies di ;
http://4lifetransferfactorjakarta.com/
Salam,

harga sony xperia said...

makasih banyak atas infonya yaaa
harga sony xperia

harga hp imo said...

thanks ya gann.... harga hp imo

Hp motorola said...

info bagus nihh... Hp motorola

Sony Xperia said...

info menarik... harga sony xperia

HP Lenovo said...

bagus nihhh harga hp lenovo

hp nokia lumia said...

info joss nihh hp nokia lumia

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP