Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Waspada, Dampak Pemanasan Global Mengancam

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, perubahan iklim (climate change) yang disebabkan pemanasan global (global warming) telah menyebabkan terjadinya pergeseran awal musim setiap tahunnya.

"Dalam 30 tahun terakhir terjadi pergeseran awal musim sekitar 10-20 hari," kata Kepala BMKG Sri Woro B. Harijono pada peresmian operasional radar cuaca dan kalibrasi BMKG Wilayah I Medan, Kamis (8/4), seperti dikutip Antara.

Sri Woro mengatakan, pemantauan dan penelahaan BMKG terhadap perubahan iklim juga menyebabkan menaiknya permukaan air laut dan temperatur cuaca rata-rata di Indonesia dalam 100 tahun terakhir. " Temperatur cuaca naik 1,14 derajat Celsius sedangkan permukaan air laut naik 10 centimeter," katanya.

Ia menambahkan, dampak alami dari perubahan iklim itu dapat dilihat dari meningkatnya frekuensi peristiwa ekstrim seperti puting beliung, siklon tropis, gelombang tinggi, banjir, kekeringan dan kebakaran hutan.

Masalahnya, kata Sri Woro, langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi perubahan iklim itu sering tidak bersinergi antarsatu negara dengan negara lain. Hal itu disebabkan tidak adanya kesamaan persepsi antarberbagai pemimpin negara mengenai kondisi yang ada, baik terkait perubahan iklim, pemanasan global mau pun proses adaptasi dan migitasi perubahan yang terjadi.

Ketidaksepahaman itu dapat dilihat dari pandangan terhadap pemanasan global yang di satu sisi disebut karena adanya penumpukan C02 dan gas-gas lain di atmosfir. Zat-zat yang dipancarkan ke angkasa itu dikembalikan ke bumi dengan suhu panas yang dirasakan manusia menjadi pemanasan global.

Sedangkan, dalam hukum kekebalan energi, suhu panas itu tidak akan hilang karena berubah bentuk menjadi beberapa energi seperti energi potensial berbentuk hujan, energi kinetis berbentuk angin kencang dan puting beliung, serta energi kalor berbentuk suhu panas.

Sumber: http://www.tvone.co.id

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP