Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Populasi Penyu di Lampung Terancam

Tanpa upaya penyelamatan konkret, populasi penyu di tanah air, khususnya Provinsi Lampung, bisa musnah. Induk penyu di pesisir Lampung Barat, salah satu kawasan habitat terbesar penyu, kini tersisa 308 ekor.

"Jumlah ini sangat sedikit jika dibandingkan panjang garis pantai tempat habitat penyu di Lampung Barat, yaitu 221 kilometer," ungkap Kepala Seksi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur, Naznan Meureka, Selasa (30/3/2010) di Seminar Kolaborasi Kebijakan pada Konservasi Penyu yang diadakan LSM Mitra Bentala.

Dari tujuh spesies penyu yang tersisa di dunia, enam diantaranya berada di Indonesia. Empat diantaranya kerap bertelur di Lampung Barat, yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik ( Erethmochyelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacca) dan penyu belimbing (Dermochelys coreacea).

Populasi penyu belimbing berkurang dratis, yaitu 97 persen dalam 22 tahun terakhir, kurang dari 3.000 ekor saja di dunia. Padahal, penyu belimbing ini termasuk satwa yang unik. "Ini adalah spesies penyu terbesar. Ukurannya bisa sebesar mobil Honda Jazz," tutur Haznan.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP