Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Bebek Peking Belum Menjanjikan

Investasi budidaya bebek peking di Pangkalpinang, Provinsi Babel, belum menjanjikan karena terkendala listrik dan tingginya biaya makanan serta perawatan bebek tersebut.

"Budidaya bebek peking belum menjanjikan karena tingginya biaya produksi atau perawatan, sementara permintaan daging bebek peking kurang diminati masyarakat Bangka," kata Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Pangkalpinang, Ghozali Efendi, Jumat (9/4/2010).

Ia mengatakan, terbatasnya kapasitas listrik untuk penetasan telur bebek peking dan dan tingginya biaya produksi, mengakibatkan investor dari Malaysia menarik investasinya di Pangkalpinang dan berinvestasi di Pulau Jawa.

"Budidaya bebek peking yang dilakukan perusahaan dari Malaysia itu sudah dilakukan pada 2009 namun karena terbatasnya kapasitas listrik dan sering terjadi pemadaman listrik mengakibatkan perusahaan budidaya itu rugi," katanya.

Ia menjelaskan, budidaya bebek peking dengan menggunakan mesin penetasan berskala besar oleh pihak investor banyak yang mengalami kegagalan karena listrik sering mati seiring terbatasnya kapasitas listrik.

Sejak tahun 1990, pangsa pasar dunia dikuasai oleh negara Taiwan, Thailand, dan Malaysia.

Negara tersebut menjadi pemasok terbesar ke negara-negara Singapura, Jepang, Hongkong, China, dan Timur Tengah.

Daging yang diekspor negara tersebut mencapai ribuan ton dan pada 1990, Thailand berhasil mengekspor 3.500 ton daging itik ke Jepang.

Babel bisa mengimpor daging bebek peking ke sejumlah negara jika didukung sarana yang memadai.

"Geografis daerah di Babel cukup mendukung sebagai sentra pembibitan bebek paking jika benar-benar dikelola lebih serius, tentu juga didukung oleh dana yang memadai," katanya.

Sumber: Kompas.com


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP