Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Agribisnis Bisa Jadi Penghela

Jika sektor pertanian diletakkan dalam sebuah sistem dan usaha agribisnis, sektor ini dapat menjadi penghela ekonomi nasional. Saat ini sektor pertanian menampung 42 persen angkatan kerja.

Begitu pendapat para pembicara dalam acara ”Orasi Purnabakti Refleksi Agribisnis Prof Dr Dr(HC) Ir Bungaran Saragih, MEc” di IPB Convention Center, Bogor, Sabtu (17/4).

Prof Saragih, Menteri Pertanian 2001-2004, memasuki masa purnabakti dari Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Manajemen Institut Pertanian Bogor. Sistem dan usaha agribisnis yang digagas Saragih kini diterapkan oleh Menteri Pertanian Suswono.

Dalam acara itu, antara lain, hadir Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertanian Suswono, pengusaha Anton J Supit, dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Megawati mengingatkan, konsep yang ditawarkan dalam pembangunan pertanian harus mengakar dari penghayatan petani serta kondisi geografis Indonesia.

”Kita jangan di awang-awang karena rakyat sangat praktis,” kata Megawati. ”Mereka makhluk ekonomi, tetapi tidak bisa mengungkapkan,” ungkap Megawati.

Suswono mengakui, paradigma sistem dan usaha agribisnis yang ditawarkan Saragih dia adopsi dalam kebijakan pembangunan pertanian saat ini.

”Hanya 20 persen pembangunan pertanian ditentukan Kementerian Pertanian, lainnya tergantung sektor-sektor lain,” ujar Menteri.

Sementara itu, Anton J Supit mengaku sangat terbantu prinsip Saragih bahwa pemerintah bertugas melayani rakyat dan menjalankan proteksi dan promosi. Ini dapat diterapkan juga dalam menghadapi Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China.

Saragih mengatakan, sistem dan usaha agribisnis semakin relevan saat ini ketika dunia dihadapkan pada tak seimbangnya produksi dan permintaan pangan yang ditandai tingginya harga.

Sistem agribisnis dikembangkan untuk tetap berkerakyatan, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. ”Saya bahagia ide sistem dan usaha agribisnis sebagai lokomotif pembangunan diterapkan pemerintah dan dunia usaha, serta dikembangkan di perguruan tinggi,” katanya. (NMP)

Sumber: Kompas.com


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP