Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Gajah di Bengkulu Tinggal 150 Ekor

Populasi gajah sumatera di Provinsi Bengkulu saat ini diperkirakan tinggal 150 ekor atau menurun dari sebelumnya sekitar 225 ekor. "Penurunan populasi gajah sumatera itu disebabkan tiga faktor, yaitu perburuan liar, konflik lahan (peracunan gajah), dan populasi di luar kawasan konservasi (tidak terkelola)," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Bengkulu Andi Basrul melalui Kepala Bagian TU Supartono.

Habitat gajah di Bengkulu terdapat dalam satu kawasan konservasi dan tujuh lokasi di luar kawasan tersebut, yang sekarang sudah berubah menjadi kebun kelapa sawit rakyat dan perkebunan besar.

Perambahan habitat gajah di Bengkulu di antaranya terjadi pada kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan kawasan HPT di Bengkulu Utara. "Untuk menjaga populasi gajah tersebut, kami berpedoman pada kesepakatan bersama gubernur se-Sumatera dan tiga menteri pada 2007,” katanya.

Direktur Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Dephut Hary Santoso di Bengkulu beberapa hari lalu mengatakan bahwa pelestarian gajah perlu melibatkan semua instansi terkait karena BKSDA tidak mampu menangani sendiri.

Ia juga mengatakan bahwa pihak swasta perlu dilibatkan, terutama yang membuka perkebunan di sekitar habitat gajah tersebut karena keberadaan perkebunan itu dianggap mengganggu habitat gajah.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP