Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Harmonisasi Hubungan Melalui Yoga

Akhir pekan lalu, majalah Prevention Indonesia bekerjasama dengan komunitas Life begins@40 menggelar rangkaian kegiatan kesehatan. Diawali dengan Yoga for Couples, demo masak sehat, dan diakhiri dengan talkshow tentang hubungan berpasangan yang sehat dan kaitannya dengan yoga.

Sejumlah pasangan muda, pasangan menikah, dan pasangan ibu-anak, memberikan kesan yang sama. Yaitu bahwa yoga menjadi olahraga yang bisa membantu seseorang mengenali tubuhnya, terutama kemampuan tubuh dalam hal kelenturan dan kekuatan.

Instruktur yoga dari Fitness First, Welby Sucipto (29), mengatakan bahwa melalui yoga, seseorang bisa mengenali tubuhnya sekaligus melakukan sinkronisasi pernafasan baik terhadap dirinya atau pasangan (jika yoga dilakukan berpasangan).

"Yoga merupakan olahraga berupa kombinasi gerakan dengan pernafasan. Gerakan dalam yoga sangat bisa dilatih, model gerakannya pun bisa dimodifikasi," papar Welby kepada Kompas Female.

Gerakan dalam kegiatan Yoga for Couples terdiri atas meditasi, sun salutation (pemanasan), posisi berdiri yang melatih kekuatan, posisi duduk sebagai bentuk peregangan, dan meditasi sebagai relaksasi tahap final.

Dengan modifikasi gerakan, yoga bisa dilakukan berpasangan yang dimaksudkan juga untuk melatih kerjasama dan sinkronisasi gerak antardua individu. Tanpa kerjasama dan saling memahami kemampuan masing-masing individu, gerakan yoga berpasangan ini akan sulit dilakukan. Namun, Kompas Female melihat, pasangan yang berpartisipasi kebanyakan saling membantu rekannya untuk bersama melakukan gerakan yang tepat.

Rully Larasati (32) yang datang bersama sang suami, Albertus Sigit (38), mengakui gerakan yoga berpasangan ini membantu mengukur kemampuan pasangan tanpa dipaksakan. Gerakan menuntut setiap individu untuk saling motivasi dan percaya.

Rully bukan pertama kali itu mengikuti yoga. Namun baru kali ini ia melakukan yoga berpasangan, dan mengakui adanya kualitas waktu dalam hubungan berpasangan. Mengingat sedikit sekali waktu berduaan untuk pasangan yang sudah lima tahun menikah ini.

"Gerakannya membuat pasangan saling lihat-lihatan. Awalnya suami malu-malu, namun lama-kelamaan lebih rileks," paparnya.

Yoga, menurut Rully, merupakan satu paket kebugaran mind, body, dan soul, yang membuat badan lebih segar seperti di-recharge kembali.
"Yoga sangat bisa dipelajari di rumah, asalkan syaratnya, menyukai jenis olahraga ini," kata Rully.

Widyawati (25), yang datang bersama calon suaminya, juga merasakan hal serupa. Butuh kerjasama untuk melakukan gerakan yoga berpasangan. Namum efek relaksasi dirasakan pasangan ini, berkat suasana yang menyenangkan dan jumlah peserta yang tak terlalu banyak.

Erikar Lebang, praktisi yoga, mengatakan diperlukan satu kesatuan yang harmonis dalam melakukan gerakan yoga. Menurutnya, hubungan bisa maksimal dan ideal, jika dua individu mampu menggabungkan diri mereka dalam satu kesatuan harmonis. Gerakan seperti ini dilatih dalam yoga berpasangan.

Tertantang mencoba gerak harmonis dalam yoga berpasangan? Anda bisa sekaligus mengukur kekompakan berpasangan.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP