Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

WHO: Perang Terhadap Flu Babi Belum Selesai

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Margaret Chan memeringatkan agar semua pihak tidak berpuas dulu dalam upaya mencegah terjadinya pandemi flu babi. Ini karena virus influenza tersebut tidak bisa diramalkan dan masih bisa bermutasi.

"Satu hal yang kita butuhkan untuk menjaga dari perlawanan itu adalah rasa puas diri. Virus ini sangat sulit diprediksi. Kita seharusnya tidak terkejut. Itulah sebabnya WHO akan terus melacak evolusi. Kami akan mengawasi virus ini dengan mata elang," kata direktur jenderal WHO tersebut, Selasa (29/12.

"Tak seorang pun ingin melihat virus H1N1 bermutasi ke bentuk yang lebih berbahaya. Mari kita berdoa," tuturnya menambahkan.

Bahkan jika beberapa negara di belahan bumi utara telah melewati puncak gelombang kedua infeksi, Chan menunjukkan masih ada transmisi kuat di negara lain. "Terlalu prematur dan terlalu dini bagi kami untuk mengatakan bahwa kita telah mengakhiri pandemi influenza dari seluruh dunia," tegas Chan.

Virus H1N1 telah menewaskan sedikitnya 11.516 orang sejak pertama kali dideteksi pada bulan Maret. Penyebaran yang cepat membuat WHO menyatakan telah terjadi pandemi pada bulan Juni. Namun, lantaran sebagian besar pasien menunjukkan gejala-gejala yang ringan, badan PBB itu telah dikritik oleh beberapa pihak karena reaksinya yang dianggap berlebihan.

Chan menilai masyarakat cukup beruntung bahwa pandemi itu ternyata memiliki dampak yang lebih ringan dari yang dibayangkan."Fakta bahwa dampak pandemi influenza ini cukup lama adalah berita kesehatan terbaik dalam satu dekade ini," katanya.
Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP