Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Sebanyak 80 Juta Warga Amerika Terinfeksi Flu Babi

Sebanyak 80 juta orang Amerika telah terserang flu babi H1N1, sekitar 16 ribu telah tewas dan lebih dari 360 ribu dirawat di rumah sakit. Demikian keterangan Pusat bagi Pencegahan dan Pemantauan Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), pekan lalu.

Namun, CDC melaporkan, 90 persen orang yang paling rentan tetap belum diberi vaksin, dan hanya sebanyak 61 juta orang Amerika telah divaksinasi. Vaksin flu babi masih banyak tersedia, dan lebih dari 130 juta dosis diproduksi dan 160 orang menjadi prioritas utama untuk memperoleh vaksin tersebut.

Wabah itu, yang mulai menyebar pada Maret, mulai mereda tapi para pejabat kesehatan menekankan bahwa influenza tak dapat diramalkan dan dapat muncul lagi atau bermutasi. Dan virus baru tersebut, meskipun tak merenggut lebih banyak korban jiwa dibandingkan dengan influenza musiman, telah menewaskan orang yang lebih muda dibandingkan dengan yang dilakukan flu musiman.

Sebanyak 90 persen kematian rata-rata setiap tahunan adalah orang yang berusia di atas 65 tahun. Sementara 90 persen mereka yang sakit parah atau meninggal akibat virus baru itu jauh lebih muda dan meliputi sebanyak 1.730 anak kecil.
Banyak ahli kesehatan mengatakan, vaksinasi sejauh ini adalah cara terbaik untuk memastikan virus itu tidak kembali atau bermutasi jadi bentuk baru yang lebih berbahaya. Tapi vaksinasi tersebut berjalan lambat dan masyarakat sekarang ragu mengenai perlunya divaksinasi.

Pemerintah AS berjuang selama berulan-bulan untuk bekerja sama dengan pembuat vaksin guna melakukan imunisasi. Sekarang, pemerintah berjuang menghabiskan jutaan dosis obat yang telah dibelinya. "Hingga 2 Januari, sebanyak 20,3 persen populasi AS (61 juta orang) telah divaksinasi, termasuk 27,9 persen dalam kelompok sasaran awal dan 37,5 persen di dalam kelompok vaksin terbatas," kata CDC dalam laporannya.

Sebanyak 29,4 persen anak AS yang berusia 6 bulan sampai 18 tahun telah divaksinasi. CDC menyatakan, jumlah itu sama dengan apa yang terlihat pada influenza musiman, yang menewaskan sebanyak 36 ribu orang Amerika dan sebanyak 500 ribu orang secara global setiap tahun. (Reuters/Antara)

Sumber: www.tvone.co.id


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP