Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Makanan yang Berbahaya untuk Anjing dan Kucing

Memberikan makanan pada hewan kesayangan terutama anjing dan kucing harus berhati-hati dan memperhatikan jenis makanan, kebutuhan gizi hewan, maupun jumlah makanan yang diberikan. Selain itu yang penting diperhatikan adalah memberikan makanan yang disenangi oleh hewan, akan tetapi juga harus memperhatikan jenis makanannya karena ada makanan-makanan tertentu yang tidak boleh diberikan.

Memelihara binatang membantu seseorang untuk lebih sehat secara mental. Akan sangat sedih jika melihat kucing atau anjing peliharaan sakit. Agar ia tak sakit, hindari makanan-makanan berikut:

1. Coklat
Cokelat bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang, khususnya anjing. Efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah, kehausan, gelisah, peningkatan atau detak jantung tidak beraturan, demam, hingga kejang.

2. Anggur dan kismis
Anggur bisa merusak ginjal anjing dan kucing. Gejalanya antara lain, rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, lesu, dan muntah-muntah.

3. Bawang
Bawang putih dan bawang merah bisa merusak sel darah merah anjing dan kucing, sekaligus menyebabkan anemia. Ia akan menimbulkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.

4. Xylitol
Zat xylitol banyak digunakan pada permen karet. Zat ini berbahaya bagi anjing karena bisa meningkatkan sekresi insulin, yang mengakibatkan penurunan tingkat gula darah. Anjing akan muntah-muntah, lesu, kehilangan koordinasi, kejang, diare, dan menujukkan gejala penyakit kuning.

5. Minuman beralkohol
Semua binatang akan terpengaruh jika minum minuman beralkohol, karena minuman ini akan mempengaruhi sistem sarafnya. Disorientasi, muntah-muntah, diare, lesu, kehilangan koordinasi fungsi tubuh, sulit bernapas, kejang, hingga koma adalah hasilnya jika mereka menelan minuman beralkohol.

6. Adonan roti mentah
Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut anjing, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernafas, dan sebagainya.

7. Alpukat
Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung binatang. Kemungkinan yang terjadi adalah muntah-muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai makanan apa saja yang tak boleh diberikan kepada binatang peliharaan Anda, hubungi dokter hewan kepercayaan Anda.

Sumber: Kompas.com (dari Real Simple)

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP