Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Flu Burung Kembali Serang Unggas di Lampung

Penyakit flu burung kembali menyerang unggas di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan dalam tiga hari terakhir yang mengakibatkan puluhan ekor ternak ayam mati.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan, Agung Kusmartuti, di Kalianda, Minggu (17/1), mengatakan, serangan flu burung itu merupakan yang keempat kali terjadi di Kabupaten Lampung Selatan pada awal tahun 2010. Agung Kusmartuti menyebutkan, flu burung menyerang unggas di daerah yang berdekatan dengan pasar tradisional.

Dia mengatakan, jumlah ternak unggas yang mati di Dusun I Desa Gedungharta Kecamatan Penengahan mencapai 11 ekor. " Kami telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kandang unggas milik warga,” kata dia.

Agung mengatakan, penyebab tingginya serangan flu burung terhadap unggas di Kabupaten Lampung Selatan adalah tingginya lalu lintas ternak di daerah itu saat puncak musim hujan. "Sesuai prosedur tetap yang berlaku, pihak Disnak telah melakukan penyuluhan dan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kandang ternak unggas milik warga untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran penyakit sangat mematikan itu,” katanya.

Kasus serangan flu burung di Kabupaten Lampung Selatan memasuki awal tahun ini telah terjadi sebanyak empat kali dengan jumlah ternak unggas mati sedikitnya 110 ekor. Selama Januari 2010, serangan flu burung terjadi di Desa Bangunan Kecamatan Palas, kemudian Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda, Kecamatan Sripendowo, dan Desa Gedungharta Kecamatan Penengahan.

Agung mengharapkan, masyarakat berperan aktif dan bekerja sama dengan Dinas Peternakan untuk bersama-sama mewaspadainya, karena penularan flu burung tinggi di musim hujan. Dia meminta masyarakat harus mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan mengandangkan ternak untuk menekan penularan flu burung, karena 17 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan merupakan daerah endemis penyakit sangat mematikan itu. (Ant)

Sumber: www.tvone.co.id

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP