Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Bengkulu Menjadi Daerah Endemis Rabies

Berkembangbiaknya anjing liar menyebabkan Provinsi Bengkulu dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa Itu menjadi daerah endemis rabies.

"Pada tahap awal akan dimusnahkan sebanyak 30 persen dari 135.000 ekor yang dilakukan di sepuluh kabupaten terutama daerah endemis," ujar Irianto Abdullah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

Irianto menambahkan, setiap bulan warga yang terserang rabies terus meningkat akibat anjing liar dan anjing peliharaan tidak divaksin rabies.

Pada September 2009 terjadi 24 kasus rabies yaitu di Kabupaten Bengkulu Tengah 19 kasus Utara dan Bengkulu Utara lima kasus sehingga perlu pencegahan penyebaran penularannya.

Kedua kabupaten itu ditetapkan sebagai daerah kejadian luar biasa (KLB). Untuk itu pada 2010 sebanyak 52.000 dosis vaksin rabies sudah disiapkan untuk penyuntikan anjing peliharaan masyarakat.

135.000 Anjing Liar Akan Dimusnahkan
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu Irianto Abdullah mengatakan, pada 2010 secara bertahap akan memusnakan anjing liar sebanyak 135.000 ekor.

"Sebanyak 135.000 ekor anjing liar akan dimusnahkan secara bertahap pada 2010 di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang memiliki 10 kabupaten dan kota," katanya di Bengkulu.

Sebab, populasi anjing liar itu tiap tahun terus meningkat dan saat ini sudah mencapai 135.000 ekor. Anjing-anjing itu harus dimusnahkan karena warga yang terserang penyakit rabies juga meningkat.

Penularan rabies terhadap masyarakat akibat gigitan anjing liar atau anjing gila hampir 10 persen, termasuk gigitan kucing gila.

Ia mengakui, Bengkulu merupakan wilayah perkebunan dan pertanian, dan sebagian masyarakat memelihara anjing sehingga populasi anjing terus meningkat.

Sumber; kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP