Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Unair Ciptakan Vaksin Flu Babi

Laboratorium BSL-3 (Biosafety Level-3) - Avian Influenza Research Center di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, telah mampu membuat bakal vaksin flu babi (H1N1) dan flu burung (H5N1).

"Kami sudah mampu menyiapkan ’seed vaccine’ atau bakal vaksin flu babi dan flu burung, sehingga tinggal selangkah lagi sudah mampu diproduksi," kata peneliti flu babi dari Unair Prof Dr drh C.A. Nidom di Surabaya, Senin (16/11).

Di sela-sela persiapan peluncuran "Seed Vaccine" H1N1 dan H5N1 yang dilakukan Wapres Boediono dan Menkes Endang Rahayu Setyaningsih (16/11) itu, Nidom mengatakan, kata selangkah lagi yang dimaksud itu adalah kerjasama antara Unair, Bio Farma, dan Depkes RI dalam memproduksi vaksin itu secara massal.

"Saya kira, langkah itu penting untuk segera dilakukan, karena kita perlu mengantisipasi perkembangan virus H1N1," kata staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair ini.

Menurutnya, tahap bahaya adalah, bila virus flu babi yang sekarang masih menular dari hewan ke manusia itu akhirnya menjalar dalam penularan antarhewan. "Kalau sudah menular antarhewan akan lebih berbahaya, karena manusia itu mengonsumsi hewan, sehingga penularannya akan semakin luas dan sangat mungkin jatuh korban," paparnya.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP