Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Pembagian Daging Kurban di Istiqlal Lancar

Sekitar 10.000 ribu warga ibu kota Jakarta dan sekitarnya, Sabtu pagi memadati halaman Mesjid Istiqlal demi mendapatkan daging kurban yang dibagikan sejak subuh pukul 04.30 WIB, namun diperkirakan ribuan orang gagal mendapat daging.

"Pembagian daging kurban berlangsung tertib dan lancar," kata Ketua Panitia Ibadah Kurban Mesjid Istiqlal, Syamsudin HA, kepada ANTARA.

Antrian warga yang datang dari daerah Bogor, Tangerang dan Bekasi, sudah terjadi sejak pukul 20.00 WIB (Kamis,27/11), sesaat pemotongan hewan kurban dimulai.

Hampir semua sisi halaman Mesjid Istiqlal dipenuhi warga berjejal dan antrian mengular untuk mendapatkan daging kurban.
Warga yang didominasi kalangan ibu-ibu, banyak datang membawa anak kecil, dan bahkan balita.

Pada antrian tersebut juga terlihat banyak terdapat kaum duafa perempuan berusia tua.
Pada perayaan Idul Adha 1430 H ini, Panitia Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal menyembelih 20 ekor sapi dan 232 ekor kambing.

Daging hewan kurban tersebut dibagikan dengan cara menurkarkan 6.000 kupon yang sudah disediakan panitia Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Istiqlal.
Pembagian kurban melibatkan seluruh tenaga pengaman internal Mesjid Istiqlal dan 20 polisi dari Polsek Metro Gambir, serta 20 orang Satpol PP Jakarta Pusat.

Antrian panjang memperoleh daging kurban membutuhkan perjuangan karena berdesakan-desakan terutama saat mendekati pintu masuk tempat pembagian daging.
Antrian berlangsung lancar, namun jumlah yang padat mengakibatkan sejumlah warga pingsan, dan dua ibu mengaku anaknya terlepas dari pegangannya.
Ibu Endah (29), warga Kalideres, memboyong ketiga anaknya berusia 4 hingga 7 tahun untuk memperoleh daging kurban yang dianggap sebagai rezeki tahunan itu.
Sedangkan ibu Indun (69), warga Kampung Meruyung Cinere mengantri sejak pukul 03.00 WIB.

Namun, pada pukul 06.30 WIB panitia mengumumkan bahwa daging kurban, maupun dalam berbentuk tulang, maupun jeroa sudah habis terbagi.
Ribuan warga dipastikan tidak mendapatkan daging kurban meski sudah menginap sejak subuh di tenda halaman mesjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Panitia melalui pengeras suara, memberi pengarahan bagi warga yang tidak mendapat jatah kurban agar tidak berkecil hati, dan diminta mengambil hikmahnya.

"Kita berharap pada tahun depan, jumlah hewan kurban yang diterima panitia lebih banyak, sehingga dapat memenuhi keinginan para mustahik (penerima, red) untuk mendapatkan daging kurban," kata Syamsudin.

Sumber: yahoo.co.id


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP