Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Memilih Kambing Untuk Qurban

Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban tinggal 9 hari lagi, nah jika para sobat blogger yang kepingin ngerayain hari qurban itu mestinya dah siap-siap membeli hewan qurban. Sobat blogger bisa beli di pasar hewan atau tempat-tempat penampungan dan penjualan hewan qurban yang sudah banyak menjamur terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya.

Kalau sekedar membeli hewan qurban khususnya kambing barangkali bukan hal yang sulit, tapi tahukah sobat bahwa hewan qurban yang dibeli harus sesuai persyaratan-persyaratan yang sudah ada ketentuannya menurut agama Islam. Beli kambing bukan hanya besar atau penampilan fisik yang besar akan tetapi harus disertai dengan syarat-syarat kesehatan. Itu penting karena yang namanya hewan qurban, karena dagingnya nanti untuk dibagi-bagikan kepada yang berhak menerimanya haruslah daging yang sehat dan memenuhi syarat untuk dikonsumsi.

Nah, untuk itu lewat tulisan ini saya sedikit memberikan panduan dalam pemilihan ternak kambing yang akan diqurban.

Ternak yang akan diqurban pertama syaratnya harus dewasa atau mencapai umur yang telah ditentukan, untuk kambing harus sudah mencapai umur setahun atau lebih. sedangkan syarat lainnya yang sangat penting adalah kesehatan kambing itu sendiri. Kesehatan yang harus dilihat adalah kambing tidak ada cacat fisik, kambing besar atau gemuk, tidak buta sebelah yang jelas/atau dua-duanya, jalannya tidak pincang,dan cacat tubuh lainnya. yang terpenting sobat harus benar-benar mengecek bentuk fisik/ada kelainan apa ndak karena adanya kelainan-kelainan itu dapat menjadikan hewan qurban sobat nantinya makruh untuk di qurban. Untuk mengetahui status kesehatannya, sobat bisa menanyakan surat keterangan kesehatan ternak kambing tersebut (kalau ada) namun untuk bagian besar penyalur atau penjual yang telah lama mengusahakan hewan qurban pasti sudah memeriksakan kesehatannya (ada surat keterangan kesehatan hewan).

Beberapa bentuk atau penampilan fisik yang makruh dari hewan qurban antara lain:telinga dan ekornya putus atau telinganya sobek memanjang dan melebar; pantat atau ambing susunya terputus, atau sebagian ambing susunya putus (untuk yang betina);kehilangan gigi atau ompong;tidak bertanduk atau kehilangan tanduk.

sobat blogger, barangkali itu beberapa hal yang penting harus diperhatikan dalam membeli ternak kambing yang diniatkan untuk di qurban. Selamat berqurban, semoga sobat selalu tulus dan ikhlas dalam berqurban demi kejayaan Islam...Amin..Amin...Amin.

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP