Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Aspergillosis

Nama lain: Bruder Pneumonia
Etiologi: Aspergillus fumigates, A. flavus dan A. niger.

Kejadian dan penyakit pada hewan
- Merupakan penyakit yang banyak dijumpai di berbagai bagian di dunia. Hamper semua hewan rentan terhadap Aspergillus.
- Penularan melalui inhalasi spora pada udara, debu dan bahan makanan ternak. Anak ayam terinfeksi karena tempat pemeliharaan atau makanannya tercemar spora.
- Bentuk akut Aspergillus menyebabkan hewan kehilangan nafsu makan, kelihatannya mengantuk, sulit bernafas, bahkan kejang-kejang.
- Bila menyerang otak dapat menimbulkan kelumpuhan dan gangguan syaraf lainnya. Jika menyerang mata, biasanya unilateral dan menyebabkan mata tertutup oleh cairan kental kekuningan.
- Bentuk kronis Aspergillus biasanya menyerang stu atau beberapa ayam dewasa dengan tanda-tanda nafsu makan menurun, batuk, sulit bernafas dan ayam menjadi kurus.
- Pada hewan menyusui biasanya timbul pneumonia dengan tanda-tanda demam, batuk, dan bersin. Pada sapi dapat menimbulkan keguguran pada bulan ke 3-8 kebuntingan, sedangkan pada anak kuda menimbulkan diare.

Penularan dan penyakit pada manusia
- Manusia umumnya terinfeksi melalui inhalasi spora jamur dan jerami, kandang dan bahan makanan.
- Masa inkubasi sampai beberapa minggu dengan gejala gangguan pernafasan seperti bronchitis, atelektasis, pneumonia, abses, emphysema. Kadang-kadang ditemukan granuloma pada bagian luar telinga atau sinus paranasal.

Diagnosa dan pengobatan
- Diagnosa dapat dilakukan dengan melihat gejala klinis berupa radang paru dan keguguran yang dapat diperkuat dengan pemeriksaan mikroskopis, histologi dan pemupukan.
- Pada kasus akut dapat diobati dengan Amphotericin B, sedangkan pada kasus sistemik prognosanya jelek.



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP