Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Anjing Juga Sayangi Kucing

CANEY, KANSAS, JUMAT - Pernah dengar berita soal anjing yang menyusui anak kucing? Ya, kejanggalan macam itu sudah beberapa kali terdengar. Tapi, bagaimana dengan anjing yang menyusui anak macan? Nah, meski bukan yang pertama kali, tapi ini masih langka.

Kejadian ini berlangsung lagi. Kali ini di sebuah kebun binatang di tenggara Kansas, AS. Di tempat itu seekor golden retriever mengadopsi tiga ekor anak macan yang ditinggalkan induknya. Menurut pemilik Safari Zoological Park, Tom Harvey, ketiga anak macan itu dilahirkan hari Minggu (27/7) lalu.

Sayangnya, induk macan seakan mempunyai masalah dalam mengasuh ketiga anaknya itu. Buktinya, hanya berselang sehari, induk macan itu langsung berhenti mengasuh ketiganya. Alhasil, ketiga bayi macan itu linglung dan terus mencari induknya. "Saat itulah ketiga bayi macan itu dipertemukan dengan induk golden retriever," kata Harvey.

Harvey mengakui, apa yang terjadi saat ini merupakan kejadian langka. Tapi ini benar-benar kenyataan meskipun sebelumnya ia pernah melihat tayangan babi yang mengasuh anak beruang di televisi.

Menurutnya, perkembangan anak anjing hampir sama dengan perkembangan anak macan, terutama dalam fase menyusui hingga menyapih. "Jadi ini nyaris sempurna, rasanya tak ada rentang waktu lain yang mendekati itu,” ungkapnya.

Harvey mengatakan, hingga saat ini, Isabella—demikian nama induk anjing itu—tak menyadari perbedaan yang ada. Si anjing tetap menjilati anak macan saat harus membersihkannya, bahkan ia pun menyusuinya.

Sebelumnya, kasus anjing menyusui anak macan juga pernah terjadi di Kebun Binatang Changchun, China, pertengahan Juli 2007 silam. Saat itu sepasang harimau Siberia bersama dengan dua anak anjing menyusu kepada golden retriever. Saat itu anjing itu pun menjadi induk bagi sepasang macan yang dilahirkan oleh macan sirkus berusia delapan tahun. Spesies hewan buas ini diperkirakan tak lebih dari 400 ekor di seluruh dunia.

The Safari Zoological Park mulai memiliki izin beroperasi sejak tahun 1989 dengan kekhususan pada hewan-hewan buas. Sebutlah leopard, singa, puma, babon, kukang, beruang, dan beberapa lainnya. Bahkan, saat ini di sana juga ada tujuh macan putih dan dua macan jingga.

GLO
Sumber: Kompas.com. Ant

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP