Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Sistematika Halal-Haram Menurut Agama Hindu

Menurut ajaran Hindu Bali, istilah Halal TIDAK ADA, yang ada hanya makanan/minuman yang diperbolehkan/dilarang untuk dikonsumsi. Kata-kata HALAL hanya didapatkan pada PENJELASAN (dalam bahasa Indonesia), bukan pada isi Sloka.

Dalam kitab Bhagavad Gita: Sloka 17.7 – 17.10
Haram dalam bahasa Sansekerta: amedhyam.

Makanan diperbolehkan: makanan yang memiliki sifat kebaikan untuk memperpanjang usia hidup, menyucikan kehidupan dan memberi kekuatan, kesehatan, kebahagiaan dan kepuasan yang memiliki kandungan penuh sari, berlemak, bergizi dan menyenangkan hati.

Makanan dilarang: makanan yang terlalu pahit, terlalu asam, panas sekali atau menyebabkan badan menjadi panas sekali, terlalu pedas, terlalu kering dan berisi banyak bumbu yang keras sekali yang disukai oleh orang dalam sifat nafsu. Makanan ini menyebabkan dukacita, kesengsaraan dan penyakit.

Makanan yang dimasak lebih dari tiga jam sebelum dimakan, makanan yang hambar, basi dan busuk, makanan berasal dari sisa makanan orang lain dan bahan-bahan haram yang disukai oleh orang dalam sifat kegelapan.

Mantra untuk menyembelih ternak:
Om Pasu, pasaya wihmana sira cadaya dimahi tanto jiwah pracodayat.
Om……… Om……..
(Om, Hyang Widhi Wasa, hamba memotong hewan ini semoga rohnya menjadi suci. Om.. Om…)

TATWA TRIGUNA

Dalam hidup dan kehidupan manusia:
1. Satwika guna, jika dikonsumsi dapat meningkatkan kualitas hidup, umur panjang, kekuatan, tenaga, rasa nyaman, keriangan, kecerdasan, ketiadaan penyakit dan kesehatan.
2. Rajasika guna, jika dikonsumsi dapat menimbulkan sikap kemarahan (emosional), agresif, kesakitan, duka cita, kepedihan, penderitaan dan penyakit.
3. Tamasika guna, jika dikonsumsi akan menimbulkan kemalasan, ketidakpedulian, pasif, keras kepala, kebodohan dan penyakit.




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

2 Komentar:

panti rahayu yasvade said...

okay....I Just Remind.....remember always : That "You are is what you are eat"

panti rahayu yasvade said...

Kita adalah apa yang kita makan......sifat, karakter, pembawaan kita tergantung kualitas makanan yang kita makan.....begitu maksud kami. Terimakasih

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP