Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Sikat Gigi Sebelum Tidur, Wajib!

Bila dibandingkan dengan pagi hari, belum banyak orang yang terbiasa menggosok gigi sebelum tidur. Padahal, justru malam hari adalah waktu yang paling penting untuk melindungi gigi dari jahatnya bakteri.
Menurut drg Aditya Pribadi, SpOrtho, saat tidur suasana dalam mulut jadi asam, bila tidak dibersihkan, kerusakan gigi akan lebih mudah timbul. "Sebenarnya tidak hanya sebelum tidur saja yang wajib menyikat gigi, sehabis makan pun harus karena suasana mulut lebih asam dan bakteri menyukainya," ujar dokter yang berpraktik di klinik gigi Dharmawangsa 8 Dental Care Jakarta, ini.
Jika kita tidak menyikat gigi sebelum tidur, bakteri di dalam mulut dapat leluasa merusak gigi. Ini karena saat tidur di malam hari, produksi air liur akan berkurang. Akibatnya, mulut jadi kering dan proses penetralan plak tidak berlangsung optimal. Seperti diketahui, salah satu fungsi air liur adalah membersihkan gigi secara alami dan fungsi pertahanan tubuh dari bakteri.
Selain menyebabkan plak, bakteri yang berkembang biak di mulut tadi juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Tak heran kalau pagi-pagi aroma tak sedap menguar dari mulut. Untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri itulah, kita perlu menyikat gigi. Jadi, jangan hanya menggosok gigi saat mandi, tapi juga malam setelah makan malam sebelum tidur.
Sumber: Kompas.com


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP