Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Satu Pasien Negatif, Satu Pasien Masih Suspect H1N1 di RSUD Abdul Moeloek

Seorang pasien yang diduga terserang flu H1N1 di RSUD Abdul Moeloek dipastikan aman dari virus tersebut. Sebaliknya, RSUD Abdul Moeloek saat ini merawat satu pasien berstatus terduga terserang virus influenza H5N1.
Pad Dilangga, Wakil Direktur RSUD Abdul Moeloek yang juga spesialis paru, Selasa (7/7) mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Departemen Kesehatan, uji contoh darah dan swap tenggorokan pasien Cn menunjukkan negatif. Pasien Cn sama sekali tidak terserang virus influenza AH1N1, ujar Pad.
Pasien Cn yang dirawat di ruang isolasi selama satu minggu RSUD Abdul Moeloek mulai Selasa siang sudah diperbolehkan pulang. Hasil perawatan terakhir menunjukkan gejala influenza seperti batuk, pilek, se rta demam yang menyertai sudah mereda sehingga dokter sudah membolehkan Cn pulang.
Sementara itu, pada Senin (6/7) RSUD Abdul Moeloek menerima satu pasien laki-laki berinisial M (14). Warga Jatimulyo, Lampung Selatan tersebut diduga terserang virus flu burung H5N1.
Pad mengatakan, M datang berobat ke RSUD Abdul Moeloek pada Senin (6/7) siang pukul 11.00 dengan gejala demam tinggi hingga 39 derajat Celcius. M juga menderita sesak dan batuk.
Berdasarkan penelusuran dokter terhadap pasien M, dokter memastikan M sebagai pasien berstatus terduga terserang virus flu burung H5N1. M memiliki riwayat kontak dengan unggas mati mendadak yang terjangkit virus H5N1.
Berdasarkan keterangan M, pada Kamis (2/7) lima ekor ayam di sekitar rumahnya mati mendadak. Pada sabtu (4/7) tiga ekor ayam juga mati mendadak. Ketiga ayam yang mati mendadak tersebut kemudian ia olah dan ia makan bersama keluarga.
Setelah mengkonsumsi daging ayam yang mati mendadak M terserang demam tinggi, batuk, dan sesak. Keluarga M sempat membawa M ke puskesmas terdekat sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD, ujar Pad.
Dari keterangan tersebut, dokter mengkategorikan M sebagai pasien berstatus terduga karena memenuhi semua syarat pasien berstatus terduga. M kini dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Moeloek.
Dokter memberikan perawatan untuk pasien terserang H5N1 kepada M. Dokter memberikan M obat tamiflu.
Dokter juga memantau kondisi M melalui rontgent dan pengambilan contoh darah dan cairan lendir atau swap tenggorokan. "Hasil rontgent belum diketahui, sementara contoh darah dan cairan swap sudah kami kirim ke Balitbangkes Departemen Kesehatan," ujar Pad.
Terkait dengan bermunculannya pasien terduga influenza AH1N1 ataupun H5N1, Pad menyatakan, ruang isolasi RSUD Abdul Moeloek siap menangani dan merawat pasien tersebut. Saat ini RSUD Abdul Moeloek sudah mendapat tambahan 2.000 tablet tamiflu dari Departemen Kesehatan. "Tambahan tersebut sangat membantu RSUD Abdul Moeloek menangani pasien," ujar Pad.

Sumber: Kompas.com


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP