Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

RSHS Bandung Rawat Pasutri "Suspect" Flu Babi

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat pasangan suami istri (Pasutri), B (44) dan Ny D (32), yang diduga (suspect) pengidap influenza A-H1N1 (flu babi).
"Sabtu (4/7) malam sekitar jam 21.00 WIB, memang benar kami mendapat pasien rujukan dari dokter umum yang merawat B dan Nyonya D, yang diduga menginap influenza tipe A-H1N1," kata Juru Bicara yang juga anggota Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung, Dr Prima Soedjana, di Ruang Isolasi Flamboyan RSHS Bandung, Selasa.
"Sebelumnya pasien memeriksakan diri ke dokter umum, dan dari hasil pemeriksaan dokter umum tersebut kedua pasien harus dirujuk ke RSHS karena ada dugaan mengidap gelaja yang mirip flu babi,” katanya kepada para wartawan.
Ia mengatakan, saat dirujuk ke RSHS Bandung, kedua pasien suspect flu babi itu mengidap gejala atau ciri-ciri influenza light liener (ILL), seperti hidung meler, sakit kepala, sakit tenggorokan atau sakit menelan, deman tinggi serta denyut nadi cepat.
Menurut dia, sekitar satu minggu yang lalu, kedua pasien tersebut juga baru selesai pulang berlibur dari Pulau Lombok dan Bali.
"Dugaan pasien terkena atau diduga mengidap flu babi karena mereka baru pulang berlibur dari Lombok dan Bali," kata Dr Primal. Kondisi kedua pasien itu kini berangsur-angsur membaik.
Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter, kondisi klinis kedua pasien tersebut normal. "Kondisi klinis kedua pasien flu babi itu membaik, tekanan darahnya normal, denyut nadinya juga normal dan suhu tubuhnya juga menurun dari 39 menjadi 36 derajat celsius," katanya.
Saat ini, kata Prima, pihak RSHS telah memberikan perawatan terhadap pasien seperti pemberian obat Tami Flu. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pengambilan sampel darah terhadap pasien, tujuannya untuk mengetahui apakah pasien tersebut positif atau negatif mengidap influenza A H1N1.
"Kita telah mengambil sampel darah pasien sebanyak tiga kali dan tengah diteliti di Litbang Kes Departemen Kesehatan RI," katanya.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP