Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Pakar: Virus H1N1 Menyebar, Tembaga Jawabannya

Di tengah-tengah penyebaran kasus flu burung yang semakin luas, penemuan Profesor Bill Keevil, ahli mikrobiologis dari Universitas Southampton, Inggris, memberikan harapan. Bebicara dalam Konferensi Tahunan Life Sciences di Beijing, Cina, sang profesor menemukan bukti tembaga ternyata mampu membunuh virus flu babi secara efektif. Bahkan, tembaga diklaim memiliki spektrum antivirus yang lebih luas.

Seperti dilansir ScienceDaily, Profesor Keevil yakin tembaga mampu mengurangi penyebaran virus H1N1 di tempat-tempat publik. "Dengan makin meluasnya penyebaran flu babi, ada tekanan tersendiri untuk mengambil seluruh tindakan yang sesuai dan efektif dengan kemampuan antimikrobial. Terlebih, banyaknya kasus infeksi yang terjadi melalui kontak tangan. Studi yang kami lakukan menunjukkan penggunaan tembaga sebagai pelapis permukaan materi, seperti yang digunakan di rumah sakit dan tempat umum akan mampu mengurangi penyebaran infeksi", ujar Keevil, panjang lebar.

Saat meneliti masa inkubasi yang terjadi dalam media tembaga dan logam tahan karat lainnya, Profesor Keevil menemukan bukti tembaga efektif membunuh virus. Setelah satu jam masa inkubasi tembaga mampu membunuh 75 persen virus influenza tipe A. Dan setelah enam jam hanya kurang dari 500 virus yang aktif. "Keuntungan ini menunjukkan tembaga, kuningan dan perunggu mampu membunuh mikroorganisme yang mematikan," ujar Profesor Keevil.(ANS)

Sumber: Liputan6.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP