Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Dua Warga Suspect Flu H1N1 di Balikpapan Diisolasi di Rumah

Jumlah suspek terkena flu A-H1N1 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, ada tiga orang. Seorang warga berpaspor Amerika Serikat diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo tetapi dua orang lainnya diisolasi di rumah sebab menolak dirawat di RSUD tersebut.
Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kaltim Jurnanto mengemukakan itu kepada pers di Kantor Gubernur Kaltim di Kota Samarinda, Selasa (7/7). Suspek yang diisolasi di rumah ialah Sadiana (30) dan Karina (8) si anak sedangkan suspek di RSUD ialah Rowan Hepburn (26).
Jurnanto mengatakan, pada Senin sore lalu, RSUD menerima Sadiana dan Karina yang merasakan gejala-gejala flu. Keduanya diduga terkena flu A-H1N1 karena baru tiba dari Jakarta. Di ibu kota, mereka menemui saudara yang berasal dari Australia yang terjangkit flu A-H1N1.
Seseorang dicurigai terkena flu A-H1N1 sebab sudah ada ge jala-gejala flu seperti demam tinggi dan ada kontak dengan orang-orang yang diduga terkena flu serupa atau kontak dengan orang-orang yang berasal dari daerah yang terjangkit flu itu, kata Jurnanto.
Jurnanto mengatakan, Sadiana dan Karina dilarang keluar rumah dan bergaul dengan warga sekitar sampai dapat dipastikan mereka negatif terkena flu A-H1N1. Mereka harus mengenakan masker selama di rumah. Kesehatan mereka terus dipantau dan dievaluasi dokter RSUD. Mereka juga diberi obat oseltamivir.
Seperti juga Rowan Hepburn, contoh cairan tenggorokan, hidung, dan darah Sadiana dan Karina telah dikirim ke laboratorium Balitbangkes di Jakarta. Kami masih menunggu hasilnya dan semoga saja ketiganya negatif, kata Jurnanto.
Jurnanto mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan ditugaskan melacak riwayat perjalanan dan kontak Rowan Hepburn selama di Kota Minyak. Lelaki kelahiran Afrika Selatan itu diketahui tiba di Balikpapan pada Jumat (3/7) dan menginap di sebuah hotel.
Kamar tempat Rowan Hepburn menginap telah disemprot desinfektan, kata Jurnanto. Hal serupa juga dilakukan terhadap lobi dan sekitar hotel yang Jurnanto minta tidak dikutip nama dan lokasinya sehingga tidak menimbulkan keresahan di kalangan warga.
"Kami mengimbau warga yang terkena gejala flu sebaiknya tinggal di rumah lalu menelepon rumah sakit atau puskesmas agar tim datang mengecek. Apabila terpaksa pergi sebaiknya kenakan masker," kata Jurnanto.

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP