Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Dari China, Warga Riau Suspect Flu Babi

Warga Kabupaten Siak, Riau, Ramadhan (40) dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad karena suspect flu babi. Ramadhan yang baru pulang dari China dinyatakan suspect karena suhu badannya tinggi, mencapai 39 °C.
Kepada VIVAnews, Ketua Tim Penanganan Flu Burung dan Flu Babi RSUD Arifin Achmad, dr Azizman membenarkan mereka sedang merawat Ramadhan di ruang isolasi. "Kami sudah merawatnya sejak dua hari yang lalu. Sekarang sedang menunggu hasil sampelnya," ujar Azizman, Selasa 21 Juli 2009.
Dikatakannya, Ramadhan merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Eka Hospital. "Awalnya dia dirawat di Eka Hospital sepulang dari China. Karena suhu badannya panas, mencapai 39 celcius. Eka Hosital merujuknya ke RSUD Arifin Ahmaf. Kecurigaan kita kian menguat karena dia pulang dari China,” tambah dia.
Namun demikian, lanjutnya, setelah dua hari dirawat, keadaannya mulai membaik. "Kalau besok keadaannya membaik, besok kita sudah bolehkan pulang. Tapi lihat kondisi besok," kata Arifin.
Menurut Data Departemen Kesehatan, sampai Senin 20 Juli 2009, secara kumulatif kasus positif influenza A H1N1 di Indonesia berjumlah 172 orang terdiri dari 86 laki-laki dan 86 perempuan.
Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan masyarakat harus tanggap terhadap penularan virus flu babi.
Apabila ada gejala Influenza minum obat penurun panas, gunakan masker dan tidak ke kantor, ke sekolah atau ke tempat-tempat keramaian serta beristirahat di rumah selama 5 hari. Apabila dalam 2 hari flu tidak juga membaik segera ke dokter.
"Influenza A H1N1 ditularkan melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita, karena itu penyebarannya sangat cepat. Namun angka kematiannya sangat rendah yakni 0,4 persen," kata dia.

Laporan: Ali Azumar|Riau
Sumber: VIVAnews.com


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP