Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Keluarga Penderita Virus H1N1 Diisolasi

KOMPAS.com (26 Juni 2009) — Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk sementara meminta keluarga pasien yang terjangkit virus flu babi atau H1N1 asal Australia, Bobie Masoner (22), tidak bepergian meninggalkan rumah.
"Sementara yang bersangkutan kami isolasi di rumahnya guna menghindari penularan yang lebih luas," papar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Nyoman Suteja di Denpasar, Jumat.
Menurut Suteja, Bobie saat ini tinggal bersama keluarganya di rumah pribadi di kawasan Jimbaran, Kabupaten Badung. Terhadap anggota keluarga Bobie, pihak RSUP Sanglah telah melakukan pengambilan sampel swap tenggorokan dan pemeriksaan kesehatan lainnya seperti tes darah dan screening panas tubuh.
Suteja menjelaskan, tim penanganan H1N1 RSUP Sanglah, Denpasar, juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang yang ada dalam satu pesawat dengan Bobie saat menuju Pulau Bali.
"Kami tengah mengawasi dan terus memantau kondisi kesehatan mereka, dengan memberikan alernt card atau kartu kewaspadaan kesehatan," ujarnya. Kartu alert card itu dibagikan oleh kru pesawat kemudian diisi oleh penumpang pesawat apakah mereka pernah berkunjung ke wilayah endemik flu babi, pernah menderita gejala flu dan mengalami panas badan, setelah diisi kartu tersebut dipegang oleh tim medis penanganan flu babi di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Bali.
Informasi terakhir, hingga kini RSUP Sanglah telah melakukan pemeriksaan terhadap delapan orang warga negara asing selain Bobie dan keluarganya serta penumpang lain yang terbang satu pesawat dengan Bobie.
Di lain pihak, Bandara Ngurah Rai Bali juga semakin memperketat pengawasan terhadap keluar masuknya warga negara asing terlebih yang berasal dari Australia selaku negara yang dinyatakan endemik virus H1N1.
Menurut kepala Bagian Kesehatan Bandara Ngurah Rai Dr Nyoman Murtiyasa, selain memasang alat pendeteksi panas tubuh, bandara juga kini telah menyiapkan alat tes darah bagi penumpang yang tiba dari luar negeri.
"Untuk mencegah meluasnya penularan, kami melakukan tes darah bagi penumpang yang tiba dari luar negeri, mereka kami minta waktunya selama 30 menit untuk bersedia dites darah," tandasnya.




Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP