Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Flu Babi Merebak di Amerika

Dua kasus misterius Flu Babi pada manusia telah ditemukan di wilayah Imperial dan San Diego di Southern California, AS, demikian dilaporkan Rabu (22/04). Petugas kesehatan lokal, negara bagian, dan federal telah melakukan penyelidikan guna menemukan sumber kasus itu, kata Los Angeles Times.
Seorang gadis berusia 19 tahun di Imperial County dan anak laki berusia 10 tahun di San Diego County, diidentifikasi terserang virus tersebut.
Namun tak seorang pun perlu dirawat di rumah sakit dan keduanya telah pulih, kata surat kabar tersebut, yang mengutip beberapa pejabat kesehatan.
Kasus itu membuat bingung pejabat kesehatan karena tak seorang pasien pun telah melakukan kontak dengan babi atau satu sama lain, dan rangkaian flu tersebut tak pernah dilihat di Amerika Serikat, kata harian itu.
Beberapa pejabat mengatakan, tak ada petunjuk virus tersebut menyebar. "Kita tak menghadapi wabah," kata Dr. Wilma Wooten, pejabat kesehatan di San Diego County.
Anggota keluarga dan orang lain yang mengenal kedua pasien tersebut sedang diwawancarai dan diperiksa, kata surat kabar itu. Meskipun penyakit tersebut biasanya mengakibatkan gangguan pernafasan pada babi, Flu Babi jarang menyerang manusia.
Hanya 12 kasus infeksi lain pada manusia telah dideteksi sejak 2005, demikian data dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDCP). Dari ke-12 kasus tersebut, 11 pasien telah melakukan kontak dengan babi.
Gejala penyakit itu meliputi demam, lesu, batuk, dan kurang nafsu makan. Jarang ada catatan mengenai kasus penularan kasus flu babi dari manusia ke manusia, kata CDCP.

Sekolah di Meksiko tutup
Ibu Kota Meksiko menutup sekolah-sekolah di sluruh kota berpenduduk 20 juta jiwa setelah sedikitnya 16 oran tewas dan lebih dari 900 orang lainnya sakit diduga terserang flu babi. Pejabat kesehatan dunia mengkhawatirkan bahwa ini bisa menandai permulaan menyebarnya wabah flu.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Genewa, Swiss mengataka nsetidaknya 57 orang tewas akibat wabah flu babi, meski belum jelas jumlah korban yang tewas akibat penyakit ini.
"Kami sangat-sangat khawatir. Kita diperlihatkan apa yang kami khawatirkan virus baru dan ini menyebar dari tubuh manusia ke manusia yang lain," kata Thomas Abraham Juru Bicara WHO, Sabtu (25/4).
Abraham mengatakan bahwa WHO telah meningatkan sistem siaga internal, yang membungkinan mereka untuk mengalihkan lebih banyak uang dan personel untukmemberantas wabah flu babi. 
Sekretaris Kesehatan Meksiko, Jose Cordova, mengatakan hanya 16 warganya yang tewas yang dinyatakan positif terserang flu babi. Itu didapatkan pihaknya melalui tes di laboratorium-laboratorium pemerintah. Ccontoh dari 44 orang yang tewas telah dites. Departemen Kesehatan Meksiko menyatakan total korban yang terserang flu babi mencapai 943 di seluruh wilayah negeri tersebut.
Cordova mengau telah mengirimkan contoh ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta, Georgia, untuk menentukan apakah ini virus yang sama yang menginfeksi tujuh orang di Texas dan California. Bukti awal menunjukkan bahwa flu yang menyerang berasal dari strain yang berbeda yaitu dari babi.


 

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP