Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Depkes Siap Antisipasi Wabah Flu Babi

Departemen Kesehatan siap mengantisipasi virus flu babi yang saat ini mewabah di Meksiko.
"Antisipasi kita sudah, mewaspadai kita juga sudah," kata Menteri Kesehatan, Siti Fadillah Supari, saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 25 April 2009. Meski sudah makan korban di Meksiko, tambah dia, belum ada laporan adanya korban di Indonesia.
Siti Fadilah Departemen Kesehatan akan melakukan antisipasi dan penanganan yang sama seperti kejadian virus flu burung atau H5NI. Departemen akan fokus kepada persiapan utama seandainya virus tersebut menyerang. "Primernya kita siapkan, seperti laboratorium," kata Ibu Menkes.
Sejauh ini, flu babi belum menyerang negara-negara di Asia. Depkes sendiri belum mendapat peringatan waspada dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Sebelumnya, Menteri Kesehatan Meksiko, Jose Angel Cordoba mengatakan setidaknya ada 68 orang meninggal akibat flu, 20 orang diantaranya positif menderita flu babi. Flu babi juga diderita 1.004 penduduk Meksiko.
Flu babi ternyata telah menyebar ke Texas dan California Selatan, Amerika Serikat. Tujuh orang dikabarkan terkena virus ini. Data pusat pengendalian penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention membuktikan bahwa tujuh penderita di AS terserang jenis virus yang sama dengan yang ada di Meksiko.
Analisa awal, virus tersebut benar-benar baru, dan merupakan kombinasi material genetik dari flu babi, flu burung, dan flu manusia. Para ilmuwan mengkhawatirkan akan ada virus baru yang efeknya lebih ganas dan massif daripada virus flu burung. Ancaman pandemi influenza di depan mata.

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP