Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Streptococcus Suis Tipe 2

Etiologi
Streptococcus suis tipe 2. Bakteri ini gram positif, aerobik, mikroerophilik.
Untuk membedakan spesies Streptococcus dengan metode Lancefield yaitu mendeteksi perbedaan antigenik pada bagian polisakarida dinding sel/kapsul bakteri. S. suis adalah alpha dan beta hemolitik, yang terbagi atas tipe 1 dan 2. Tipe satu tergolong dalam Lancefield group 8 dan tipe 2 dalam group R. Yang diketahui zoonosis adalah S. suis dan sering endemik pada babi.


Kejadian penyakit pada hewan
- S. suis tipe 2 bersifat zoonosis.
- Secara normal ditemukan pada tonsil babi sehat (umumnya anak babi mendapatkan bakteri dari induknya).
- Babi yang carrier (pembawa) berperan sebagai sumber penularan bakteri. Bakteri terutama terdapat pada larynx dan paru-paru dari bakteri terinfeksi.
- Gejala yang terlihat berupa turunnya nafsu makan, depresi dan kesulitan berjalan, paralisa, septikemia, arthritis, bronchopneumonia atau gejala syaraf yang lain.
- Angka mortalitas paling tinggi pada anak babi belum disapih, dengan kejadian umumnya hiperakut.
Penularan dan penyakit pada manusia
- Penularan penyakit melalui inhalasi, kontak dengan hewan atau karkas yang terinfeksi, ingesti dan bisa masuk melalui luka pada kulit.
- Kasus pada manusia paling sering pada mereka yang babinya terinfeksi atau menangani pemotongan babi yang terinfeksi (pemeriksa daging, penjual daging, pekerja RPH, dokter hewan).
Gejala Klinis
Meningitis dan septikemia (mirip dengan penyakit pada babi). Meningitis ditandai dengan gangguan pendengaran, selanjutnya dapat terjadi arthritis, endophalmitis.
Pengobatan
- Pengobatan dengan pemberian antibiotika.


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP