Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Cat Scratch Disease

Etiologi
Agen penyebab utama belum diketahui, tetapi diduga antara lain, Chlamydia psittaci, Herpes-like Virus, Rothia dentocariosa.
Penyakit pada hewan
Karena agen penyebab belum diketahui dengan pasti, maka prevalensi pada kucing belum diketahui.

Penularan dan penyakit pada manusia
- Infeksi pada manusia paling sering (90 % terjadi pada mereka yang berhubungan dengan kucing. Infeksi diduga berasal dari kucing yang ditularkan melalui gigitan, cakaran ataupun hanya jilatan. Dengan jilatan diduga menyebabkan abrasi kulit.
- Masa inkubasi 3-30 hari.
- Gejala: lesi kemerahan (non-pruritic erythematous papule) dan tidak sembuh selama 1-2 minggu. Gejala khas adalah limfadenopathy regional yang biasanya disertai dengan demam, biasanya muncul 1-10 minggu setelah masuknya bakteri atau 2 minggu stelah masa inkubasi.
Diagnosa
Berdasarkan latar belakang kontak dengan kucing, adanya limfadenopathy, hyperplasia limfoid, epitheloid granulomata dan micro-abscesses.
Pengobatan
Tidak ada obat khusus yang dipakai. Kebanyakan penderita sembuh sendiri setelah 2 bulan tetapi pada beberapa kasus limfadenopathy dapat menetap sampai 1 tahun.



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

0 Komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP