Blog Drh. YUDI Selamat Datang di Blog Drh YudiBlog Drh. YUDI Blog Ini Menyajikan Informasi Tentang Kesehatan Hewan dan Peternakan. Selamat Membaca dan Terima Kasih Blog Drh. YUDI

Brucellosis

Nama lain: Penyakit Keluron menular, Penyakit Bang (sapi), Contagious Abortus, Abortus Fever.
Agen penyebab: Brucella abortus pada sapi, Brucella melitensis (kambing dan domba). Brucella suis (babi).

Penularan Brucella abortus pada manusia
- Melalui air susu.
- Dokter hewan yang kontak langsung terutama yang membantu kelahiran hewan terinfeksi dan vaksinasi pada hewan dengan vaksin Strain S. 19 beresiko pada manusia (karena alas an ini vaksin tersebut dilarang di beberapa negara).
- Peternak yang sering kontak langsung dengan hewan.
- Pekerja rumah potong hewan melalui inhalasi (petugas RPH bagian kandang, pengulitan, pemotongan ambing dan uterus). Pada penularan Brucella suis, yang beresiko adalah petugas RPH bagian penjagal, jeroan dan penetel, yang terkena darah dan limfoglandula.

Penyakit pada manusia
Masa inkubasi penyakit 1-15 minggu (kadang 72 jam) tergantung cara masuk, virulensi organisme penyakit.
Gejala pada manusia dibagi menjadi 4 jenis:
1. Gejala Akut
Umumnya disebabkan oleh Brucella melitensis dan Brucella suis, dengan gejala dingin, keram, berkeringat banyak, pegal-pegal (myalgia), anoreksia, penurunan berat badan, batuk nonproduktif.
Penyakit oleh B.suis lebih parah daripada B. abortus karena menyebabkan pyrogenic granuloma di limfoglandula viscera dan musculoskeletal system.
2. Gejala Subakut
Disebabkan oleh B. abortus, demam pada malam hari, kelelahan, malaise yang menetap mengakibatkan depresi dan perasaan menderita. Gejala sampai berbulan-bulan (80 % sembuh setelah 1 tahun).
3. Gejala Kronis
Biasanya penyakit dulu akut, kambuh lagi menjadi kronis. Gejala tidak menciri, sakit kepala, fatique (kelelahan), depresi, anxiety (was-was) dan emosi labil.
4. Gejala Hipersensitif
Ditemukan pada orang yang sering terkena antigen dalam jumlah sedikit, yang masuk melalui oral (air susu dan daging) atau kontak dengan produk hewan lainnya.
Yang sering menderita gejala ini adalah ahli bedah, peternak sapi perah, dan pemeriksa daging. Gejala yang tampak adalah kemerahan kulit, malaise (tidak enak badan), demam, gangguan persendian. Gejala akan hilang apabila hubungan dengan antigen dihentikan.

Diagnosa
- Pemeriksaan darah pada masa septikemia.
- Tes serologis.
- Kultur specimen dari sumsum tulang.

Pengobatan
- Dengan antibiotika streptomisin, Rifampicin, Tetrasiklin, Sulfonamide, Kortikosteroid.



Artikel Terkait:

Bookmark and Share

1 Komentar:

Dokter spesialis Kelamin said...

tak seluruhnya kutil kelamin bisa menciptakan kanker, tapi ada sekian banyak tipe kutil kelamin yg bisa menjemput kanker leher uterus atau serviks, sedang kanker guna anus dan penis. WHO (World Health Organisation) menyukat seputar 99 % kejadian kanker serviks bersambung dgn ketimbis kutil kelamin genital.

Gejala-gejala abses HPV atau kutil kelamin

- HPV condong tak memunculkan pertanda maka aneh disadari oleh pesakit. system ketahanan badan kita tambah kebanyakan dapat membasmi timbil HPV sebelum virus ini menyusun simptom maka tak butuh penanganan.
- apabila nanah HPV hingga untuk step memunculkan simptom, gelagat mutlak merupakan tumbuhnya kutil. tipe kutil terbelah ke pada empat jenis, yakni kutil natural, kutil kelamin, kutil plantar atau silau ikan, dan kutil pipih. kualitas kulit yg ditumbuhi kutil dapat terasa norak, menohok, dan agak menonjol.
- Kutil kelamin dan kutil pipih kebanyakan tak terasa sakit. Kutil kelamin cuma terasa gatal. Kutil plantar yg berkembang bagi tapak ceker tidak jarang memunculkan rasa sakit paling utama kala berjalan.
- apabila kutil yg kamu kesengsaraan terasa sakit, gatal atau menghantui tampilan, hubungilah dokter kepada meraih pengelolaan yg tepat.
- tidak cuma menurunkan kutil, tersedia dua tipe barah HPV buat kelamin yg jadi pemicu mutlak kanker serviks yakni HPV 16 dan 18. tipe HPV ini rata rata tak menumbuhkan kutil atau gejala-gejala lain maka susah disadari oleh sejumlah perempuan.

Bila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

Pengobatan kulup di apollo | obati kulup panjang

Ejakulasi dini dan penanganannya | Klinik sunat apollo jakarta pusat

Konsultasi dokter spesialis | Free Chat

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

  © Blog drhyudi by Ourblogtemplates.com

BACK TO TOP